Selasa, 13 Agustus 2013

Trik Cara Mempercepat Buffer Video Pada Youtube


Situs youtube merupakan situs video nomor satu saat ini yang paling ramai dikunjungi pengguna internet. Meskipun terdapat banyak situs video serupa seperti Dailymotion, Veoh, Metacafe dll namun situs video online milik google yang menyimpan lebih dari 1.5 milyar video ini tetap menjadi pilihan utama disamping kecepatan streaming dan buffernya.
Youtube memang termasuk situs video online yang memiliki kecepatan buffer yang cukup stabil, namun kendati demikian terkadang koneksi jaringan internet kita yang kurang stabil pun dapat menyebabkan streaming video menjadi terputus – putus. Bagaimana mengakali hal ini ?
Sesungguhnya terdapat beberapa aplikasi software yang berfungsi sebagai ‘boost’ streaming pada youtube serta situs video lainnya. Namun pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana mempercepat ( boost ) streaming pada youtube tanpa menggunakan software. Anda hanya perlu memasukkan sepotong perintah pendek berikut pada akhiran alamat url video yang sedang anda buka: #t=01-m29s
Misalkan url yang anda buka adalah: www.youtube.com/blablabla. Dengan ditambahkan url lanjutan maka url-nya akan menjadi: www.youtube.com/blablabla#t=01-m29s
contoh gambar:
cara-mempercepat-buffer-pada-youtube
Setelah itu anda dapat melakukan konfigurasi lanjutan dengan meng-klik kanan pada layar video tersebut pilih settings > pilih local storage ( yang berbentuk ikon folder ) > kemudian geser bar kearah sebelah kanan ( unlimited ).
Bila dengan 2 settingan seperti ini masih lambat juga, anda dapat mengganti konfigurasi kualitas pada video ( jalan terakhir ). Caranya adalah dengan memilih 240P dari kualitas standar yang tersedia yaitu 360P.
Dengan 3 trik diatas, dapat meningkatkan kecepatan buffer video. Bagi yang memiliki koneksi internet yang stabil, mungkin trik ini tidak terlalu berpengaruh, namun silakan dipraktekkan bagi anda yang memiliki koneksi internet yang pas – pasan :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar