Sabtu, 31 Agustus 2013

Mengenal HTML Dasar

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Secara sederhana HTML HyperText Markup Language adalah kode penerima yang artinya dia hanya menerima perintah dari bahasa pemrograman contoh kecilnya CSS, dan Javascript yang seirng sekali kita dapati dalam mengutak-ngatik Template pusing. Struktur dasar dengan HTML dan biasanya terdapat pada Template Blogger bisa sobat lihat di bawah ini.


<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>


Dari struktur HTML di atas bisa saya jelaskan bahwa terdapat banyak tag, Element, Elemen HTML, Elemen Head, Elemen Title, dan Elemen Body. Untuk melihat penjelasan yang lebih detail lagi bisa lihat di bawah ini.
  1. Tag adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body>adalah tag dengan nama body.
    Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalahtag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.
  2. Element adalah Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembukaisi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, dll) digunakan element title, dimana:

    <title> ini adalah tag pembuka untuk judul dokumen HTML,
    disini adalah isi dari dokumen HTML,
    </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML.
    Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya. Contohnya :

    Penggunaan tag-tag yang tumpang tindih


    <p>
    <i>
    .............
    </p>
    </i>


    Penggunaan tag-tag yang benar (tidak tumpang tindih)


    <p>
    <i>
    .............
    </i>
    </p>

  3. Elemen HTML maksudnya adalah menyatakan bahwa memberitahu pada browser yang dugunakan adalah HTML.


    <html>
    .......
    </html>

  4. Elemen Head merupakan elemen kepala pada HTML yang biasanya kalau di templateblogger terdiri dari Meta TagCSS, dan Javascript.


    <head>
    .......
    </head>

  5. Element Title ini adalah elemen judul dari sebuah dokumen HTML yang letaknya di antara<head> dan </head>. secara sederhana penulisannya seperti <title>.......</title>
  6. Element Body ini adalah tempat untuk menaruh dokumen HTML. Tag body mempunyai atribute-atribute yang bisa mengatur dokumen HTML. contoh atribute align="center"atribute itu menunjukan bahwa teks di dalam dokumen HTML akan meratakan tengah,background="URLimage" bahwa kita menginginkan latar belakang dari dokumen tersebutberupa gambar.

Untuk menulis dalam HTML, penggunaan huruf kapital tidak berpengaruh terhadap dokumen HTML. Mungkin penjelasan di atas terlalu sulit dimengerti y g ngerti? soalnya saya lagi serius nulisnya jadi g ada yang namanya ketawa-ketawa deh, maaf y Maaf. Mungkin untuk HTML Dasar (materi dari Belajar HTML) cukup sekian yang saya tahu, apabila sobat ada yang mengetahui lebih sobat bisa saling share ketik. Terima kasih dan Happy Blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar