Jumat, 02 Agustus 2013


Sekarang banyak tersedia software untuk mengembalikan data hilang. Namun, saya biasanya menggunakan software iCare Data RecoveryiCare Data Recovery adalah perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengembalikan file atau data yang hilang akibat terhapus atau terformat. Sebagai contoh, adalah data-data  yang hilang di Harddrive, Flashdisk, Memory Card, Flashdisk dan Drive lainnya.
Silakan Anda download software iCare Data Recovery,  disini. Kemudian, Install software tersebut. Inilah tampilan awal ketika aplikasi dijalankan.
Software Untuk Mengembalikan Data Hilang
Software Untuk Mengembalikan Data Hilang
Maaf, Cara Mengembalikan Data Hilang ini saya masih menggunakan iCare Data Recovery versi yang lama. Tadi saya cek, ternyata sudah samapai versi 5. :) Tapi tidak masalah koq, yang terpenting kan fungsinya. Terdapat empat menu di software ini, Lost Partition RecoveryAdvanced Files Recovery,Deep Scan Recovery dan Format Recovery. Anda bisa memilih salah satu dari menu di atas. Sebenarnya semua menu sama fungsinya, namun untuk Advanced Files dan Deep Scan akan mencari kembali data secara detail dan membutuhkan proses lebih lama.
Dalam contoh kali ini, saya memilih Lost Partition Recovery. Setelah memilih menu Lost Pratition, Anda bisa memilih Drive mana yang akan direcover.  Contohnya Flashdisk, maka Anda pilih drive tersebut, kemudian klik Recover. Silakan lihat gambar di bawah.
Pilih Device
Pilih device yang akan di recover
Setelah recover, maka progam akan otomatis melakukan scanning. Proses scanning ini lumayan lama, tergantung berapa file yang terdetect. Total file bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Bisa dilihat pada proses scanning data, total ada 15150 file yang terdetect. Jangan cancel sebelum proses scanning selesai. Setelah proses scanning selesai, Anda bisa melakukan checklist pada hasil partisi, kemudian pilih Save File.
Cara Mengembalikan Data Hilang (Recovery Data)
Data ditemukan
Nah, data-data yang hilang akibat terhapus atau terformat sudah kembali lagi. Silakan Anda pilih data yang kira-kira dibutuhkan, karena pengembalian data ini tidak hanya data yang baru saja terhapus, namun data yang sudah lama terhapus bisa juga ditemukan kembali. Anda bisa menggunakan fasilitas Find File. Setelah selesai memilih, Anda klik Save Files.
Proses Recovering
Proses Recovering
Terakhir adalah proses recover. Proses ini lebih lama dari proses scanning. Nanti, setelah proses recovering selesai, Anda disuruh menyimpan File yang sudah ditemukan. Untuk jaga-jaga, Anda bisa menyimpannya di Drive yang masih memiliki space banyak, siapa tahu data yang ditemukan filenya besar. :)
Si Om, silakan  baca Cara Mengembalikan Data Hilang. Semoga data-datanya bisa terselamatkan, meski terkadang file tidak sepenuhnya utuh (corupt). Dengan penuh kesabaran, insya Alloh data akan kembali.



DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar