Rabu, 28 Agustus 2013

Cara Mudah Membuat Bootable USB Dengan XBoot

XBoot 1.0.0.0 Beta 14XBoot adalah aplikasi kecil yang membantu anda membuat bootable USB atau ISO image. XBoot juga dapat membuat multi bootable USB dengan sangat mudah dan cepat. Ada banyak tools untuk membuat multiboot seperti YUMI Multiboot USB CreatorSardu Multiboot, dan masih banyak lagi.  Tapi menurut saya menggunakan XBoot adalah cara yang paling mudah dan simple. Anda hanya cukup input file ISO dan create Bootable USB anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa file iso untuk membuat multiboot, misalnya Windows XP, Linux, Hiren’s boot, dll. Walaupun XBoot masih dalam tahap beta, tapi saya kira anda patut untuk mencobanya. O iya, XBoot 1.0.0.0 Beta 14 ini adalah freeware dan dalam bentuk portable.
Berikut beberapa langkah untuk membuat MultiBoot USB :
1. Buka XBoot 1.0.0.0 Beta 14
2. Pilhi File – Open – dan cari file ISO anda. Contoh disini saya input linuxmint. Seteleh jendela identify iso file keluar, pilih “–add using Grub3dos ISO image Emulation–” dan klik add this file.
3. Lakukan langkah no 2 untuk menambahkan file lain yang ingin anda jadikan MultiBoot
4. Setelah semua file telah anda tambahkan, klik Create USB. Lalu pilih USB driver anda dan klik OK. Tunggu hingga selesai :D
5. Setelah selesai, anda bisa lihat emulasi MultiBoot yang anda buat. Pilih tab QEMU. Pada Boot USB on QEMU pilih USB drive anda tsb dan klik Boot. Anda akan melihat seperti apa boot dari USB anda nantinya.
6. Selesai. MultiBoot anda telah berhasil dibuat. Tinggal colok USB dan Restart komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar