Minggu, 22 Februari 2015

Jenis Batu Akik Mahal dan Populer serta kasiatnya

Jenis Batu Akik Mahal dan Populer serta Kasiatnya

Sebenarnya kalau bicara batu akik ini sebenarnya tergantung hoby, jadi tidak ada istilah paling mahal di pasaran dan paling populer. Sebab, konon, sebutir batu akik yang dijadikan cincin itu bisa menyatu dengan si pemilik, tergantung dari kecocokan aura atau tidak. Percaya gak percaya.
Batu Termahal Di Dunia
Jika berbicara mengenai batu termahal di dunia, maka tentunya terdapat cukup banyak jenis batu permata yang memiliki nilai jual dengan angka yang fantastis, dan sebagian besar batu permata tersebut memang masuk pada jenis atau kategori batu mulia. Jenis batu permata yang memiliki kisaran harga fantastis tentunya akan selalu menjadi idaman bagi para kolektor batu permata, dan diketahui bahwa hingga saat ini memang sudah terdapat cukup banyak jenis atau ragam batu permata yang masuk pada kategori batu mulia. Batu mulia atau batu permata sendiri memang tidak akan pernah hilang dari peradaban umat manusia, pasalnya seluruh batu permata sendiri memang merupakan hasil bumi yang berbentuk mineral dan mengeras. Selain itu, tidak pernah ada patokan khusus atau standar mengenai harga dari berbagai macam batu permata tersebut, karena pada umumnya semakin langka sebuah jenis batu permata maka harganya sendiri juga akan cenderung meingkat.
Dan hingga saat ini diketahui memang sudah terdapat cukup banyak batu mulia atau batu permata yang memiliki banderol harga fantastis di dunia, bagi anda yang penasaran maka informasi tersebut dapat anda temukan dibawah ini.

Beberapa Jenis Batu Termahal Di Dunia

Batu mulia pertama yang dapat diketahui adalah batu berlian hope, batu berlian sendiri memang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia sebagai salah satu jenis batu permata yang memiliki harga paling fantastis. Batu berlian sendiri juga dikenal sebagai salah satu batu permata yang paling keras di antara batu permata lainnya, dan diketahui bahwa harga batu mulia tersebut mencapai harga 250 juta dollar Amerika Serikat per karat atau setara dengan 2.2 triliun rupiah.
Batu mulia kedua yang dapat diketahui adalah batu serendibite, batu yang termasuk langka ini memiliki warna hijau kebiruan, hijau kekuningan, serta violet, dan diketahui bahwa jenis batu mulia ini hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu di Birma dan Sri Lanka. Batu mulia ini hanya memiliki tingkat kekerasan 6.5 hingga 7 skala mohs saja, namun harganya mampu mencapai kisaran angka hingga 2.5 juta dollar per karat atau yang setara dengan 31 milyar rupiah.
Adapun batu termahal di dunia lainnya yang dapat diketahui adalah batu blue garnet, jenis batu permata ini memang sudah populer semenjak ribuan tahun yang lalu sebagai salah satu jenis batu yang bernilai tinggi. Batu yang disinyalir dapat berubah-ubah warna tersebut diketahui memiliki nilai jual hingga 1.5 juta dollar Amerika per karat atau yang setara dengan 18 milyar rupiah.

info batu termahal di dunia batu sisik naga termahal batu akik sisik naga makasar yang termahal batutermahal batu serendibite asli kasiat dan manfaat batu red reflesia bengkulu foto batu sisik naga termahal foto batu termahal di dunia haga berlian perkarat makkassar permata sisik naga ter mahal

Dan faktanya, banyak diantara orang-orang memiliki selera yang berbeda mengenai batu akik ini. Ada yang menyukai jenis giok, saphire, tapak jalak, Batu Akik Sarang Tawon , Batu Cincin Fosfor , Batu Akik Merah Siam, Batu Akik Kinyang Air , Batu Akik Badar Lumut , Hematite, Batu Cincin Garut Hijau, Batu Biduri Bulan (Moonstone), dll.
1.  Mirah Delima
Khasiat Batu Merah DelimaBanyak orang mungkin yang memang masih belum mengetahui berbagai macam manfaat dan juga khasiat batu merah delima, karena batu mutiara yang kerap disebut-sebut juga dengan batu mustika ini memang kabarnya tidak dapat diperjualbelikan. Maka dari itulah mengapa sebenarnya batu mutiara atau batu mustika merah delima sendiri tidak dapat dimiliki oleh sembarangan orang, karena batu mutiara memang berbeda dengan batu-batu permata lain pada umumnya yang dijadikan sebagai batu perhiasan.
Sehingga tak heran jika tidak banyak orang yang memang benar-benar mengetahui akan berbagai hal yang berhubungan dengan batu merah delima, karena sebagian besar orang hanya akan mengetahui melalui berbagai hal tersebut mengenai informasi banyak beredar.

Beberapa Khasiat Batu Merah Delima

Konon katanya orang yang dapat memiliki batu permata mustika ini hanyalah mereka yang memang benar-benar berjodoh serta mempu merawat batu permata mustika tersebut, yang kabarnya yang berjodoh tersebut juga merupakan orang-orang atau keturunan yang dimuliakan oleh Allah SWT.
Karena konon katanya batu permata mustika ini berasal dari sebuah kerjaan Jin yang di dalamnya terdapat ribuan jin dengan rajanya yang sakti, dan diketahui bahwa yang pertama kali memiliki batu permata mustika tersebut adalah Nabi Ibrahin AS.
Kabarnya batu permata mustika yang dapat memancarkan cahaya tersebut memiliki banyak manfaat dan juga khasiat bagi penggunanya, dan bagi anda yang ingin mengetahuinya, maka di bawah ini adalah beberapa manfaat dan juga khasiat batu merah delima yang dapat kita ketahui bersama.
Jika penggunanya dapat merawat batu permata mustika merah delima tersebut konon katanya akan mendatangkan berkah dan juga hidayah dari Allah  SWT yang semakin berlimpah, selain itu, penggunanya sendiri juga akan memmiliki pancaran kharisma yang agung. Dan bagi pengguna yang telah berkeluarga atau berumah tangga, maka kehidupan rumah tangganya sendiri akan selalu mendapatkan kesejahteraan.
Yang disertai juga dengan rejeki yang sangat berlimpah serta akan diberikan derajat yang tinggi, selain itu, kabrnya pengguna dari batu merah delima ini juga akan terhindar dari berbagai marabahaya serta kebal terhadap berbagia macam serangan ilmu hitam.

2. Batu Kecubung

batu kecubung
Warna ungu sampai merah muda adalah warna umum batu kecubung. Ada dua jenis batu cincin kecubung yang dikenal di dunia yaitu amethyst banded dan amethyst flower. Amethyst banded diyakini para kolektor batu mulia memiliki kekuatan untuk meningkatkan daya meditasi, membersihkan aura, membuka cakra, dan menolak energi negatif, baik yang berasa luar maupun dari dalam. Sementara, amthyst flowers mengandung energi ketenangan sehingga secara individu bisa menjalin kerja sama dengan orang lain yang menjadi sumber keberuntungan.

Khusus untuk masyarakat Indonesia, dikenal pula batu cincin kecubung combong, yaitu batu yang memiliki lubang dari atas sampai bawah. Batu ini diyakini memiliki kekuatan gaib. Dari jenis potongannya, di pasaran dikenal berbentuk par cut, octagon cut, heart cut, dan round brilliant cut.
Apa sebenarnya batu kecubung itu? Secara ilmiah, batu cincin kecubung atau amethyst ini sejenis batuan mineral kuarsa. Orang geologi menyebut batu ini sebagai batu mineral supercomposite yang terdiri dari lamella seperti belang di antara bagian kanan dan kirinya sebagai akibat tekanan mekanikal di dalam lapisan bumi selama jutaan tahun.
Corak dalam cincin kecubung yang mirip sidik jari ini juga sebagai akibat hilangnya air dalam mineral tersebut dalam waktu yang sangat lama. Batu kecubung termasuk kelas batu mulia atau permata kelas 2 dengan kekerasan 7 pada skal Mohs.
Pendapat keliru yang berkembang di lingkungan para peminat dan kolektor batu mulia bahwa batu kecubung hanya ada di Indonesia itu pun hanya di kawasan Garut, Martapura, dan Pacitan. Pendapat ini jelas keliru, karena ditemukan fakta secara geologis bahwa di Brazil, Kanada, India, Russia, Madagascar, Namibia, Sri Lanka, dan Amerika, juga banyak ditemukan batu kecubung ini.
Cincin Kecubung & Kekuatan Gaib
cincin kecubung
Selain bentuk dan keindahannya, bagi masyarakat kita, cincin kecubung diyakini memiliki kekuatan gaib termasuk dalam urusan pengasihan. Di pasaran dalam bermacam bentuk, harga batu kecubung berkisar antara Rpsampai Rpjuta,tergantung kualitas batu dan ukurannya.

Menurut para pedagang batu mulia, khasiat gaib dari batu kecubung akan keluar manakala batu ini dioleh secara alami, bukan menggunakan mesin gerinda dan pemoles. Selain melaksanakan puasa, para pembuat batu kecubung secara alami hanya menggosok-gosoknya dengan bambu hitam sampai betul-betul mencapai bentuk yang diinginkan.
Kekuatan batu kecubung ini, selain berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya supranatural, diyakini oleh para penggemarnya bisa meningkatkan kekuatan batin, meredakan sakit kepala, bahkan bisa mencegah keracunan manakala air minum dicelupi batu kecubung atau cawannya sendiri terbuat dari batu kecubung. Belum ada penelitian secara ilmiah tentang kandungan mineral pada batu kecubung yang bisa jadi penawar racun.
Tips Merawat Cincin Kecubung
* Bersihkan batu secara teratur di tempat membersihkan perhiasan.
* Air hangat yang sedikit dibubuhi sabun lalu disikat dengan sikat yang berbulu halus, cara yang tepat untuk membersihkan batu.
* Hindarikan batu diterpa sinar matahari panas dalam waktu lama karena diyakini akan memucatkan warnanya.
* Hindari terkena gores atau gesekan dengan batu mulia yang lain.
* Zat-zat kimia dalam parfum dan hairspray bisa membentuk lapisan di atas permukaan batu yang mengakibatkan batu terlihat kusam.

Jenis batu akik kecubung ini banyak disukai pria karena memudahkan pergaulan yang dapat membangun relasi. Kecubung rambut dianggap meningkatkan gairah hidup untuk pria karena memperluas pergaulan.

3. Batu Giok

Sepertinya banyak yang sering mendengar nama batu ini namun tidak mengetahui jika batu ini termasuk ke dalam jenis batu akik. Batu giok dikenal berasal dari daratan Cina dan biasanya berwarna Hijau. Batu giok dipercaya membuat hati bertambah tenang, tenteram dan juga banyak digunakan sebagai obat untuk penderita ginjal dan rematik.
Cincin Batu Giok untuk Keberuntungan, Kewibawaan dan Kharisma
Cincin batu giok terdiri dari dua macam: nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite.
Batu Giok Aceh
Cincin Batu Giok ( Jade Stone )

Batu giok di Cina sudah dikenal pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina. Mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar serta perhiasan semuanya menggunakan batu giok.
Batu giok terdiri dari dua macam; nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu adalah nephrite. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini. Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium. Kandungan lain yang mungkin terdapat dalam jadeites adalah kalsium, kalium, krom, magnesium, titanium, mangan dan air. Dalam pengamatan mikroskop, nephrite tampil sebagai gumpalan yang terjalin erat seperti serat filamen. Jadeite menunjukkan struktur yang lebih bersifat kristal.
Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat diantara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain. Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi. Oleh sebab itu batu giok sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan Cina. Hmm..mungkin saya rasa benar kali ya kalau orang Cina percaya bahwa jika batu giok yang anda pakai terbelah apalagi hancur berkeping-keping maka anda akan atau sedang mengalami masalah, karena batu terkuat mana mungkin bisa hancur semudah itu tiba2 (kecuali batu giok tersebut palsu). Mungkin anda sedang diperingatkan atau diberi pesan.
Batu Giok AcehWarna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.
Warna batu imperial jade yang hijau dalam dikarenakan oleh adanya zat chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna tergelap biasanya berisi jumlah yang relatif tinggi akan oksida besi. Bagi para pecinta dan kolektor batu giok, hati-hati karena banyak dealer yang mewarnai giok putih untuk menyerupai warna batu giok imperial jade dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Meskipun batu giok saat ini adalah salah satu batu permata yang paling indah dan terjangkau, sayangnya batu ini juga menjadi salah satu batu yang paling suka dipalsukan. Disarankan agar membeli batu giok atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.
Kegunaan atau manfaat

Orang Cina percaya bahwa jika memakai batu giok dan lama-kelamaan batu giok tersebut menjadi lebih kehijauan maka berarti hoki untuk si pemakai dan makin hijau makin bagus (asal jangan kebalikannya). Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai jimat atau barang hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

Batu Giok Aceh
selain memiliki kecantikan, batu giok ini juga dipercaya membawa tuah. Batu giok ini dikenal sejak lima tahun silam, awal mulanya adalah dari seorang tua renta yang membawa batu dari Nagan Raya ke Banda Aceh. Pecinta batu kemudian membawa batu tersebut ke Bandung untuk di uji laboratorioum. hasilnya memang benar-benar merupakan batu giok. Sejak itulah Aceh dikenal memiliki batu yang elok ini.
Saat ini batu giok aceh jadi benda hiasan andalan jemari lelaki aceh, mata anda bakal hingar bingar bila mendengar harga nya meraih beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah, maklum, giok yaitu batu mulia kelas menengah.

Di Salah satu toko batu cincin di lokasi Ketapang Banda Aceh ada bermacam batu giok aceh, dari mulai type giok nephrite jade, hingga type idograce ada di sana, harga nya sangatlah bergantung dari kwalitas, type dan coraknya, termasuk juga berapakah besar yang Anda kehendaki, untuk giok super di jual dengan harga dua juta bahkan juga ada yang di jual hingga beberapa puluh juta rupiah.

Sejak memenangkan even bergengsi batu giok di Jakarta sebagian bln. lantas, batu giok aceh makin tersohor, ramai penggemar batu dari beragam daerah di Indonesia seperti Jakarta, Padang, Sulawesi serta Ternate berburu batu giok aceh. diluar itu toko batu giok ini dapat melayani pesanan dari luar negeri seperti Jerman, Malaysia, Brunai serta Korea.

Batu-batu ini datang dari penambang tradisional dari Nagan Raya serta Takengon. Saat ini batu giok asal aceh adalah batu giok paling baik di Indonesia, sesaat di Dunia, Batu giok aceh ada pada urutan ketiga sesudah Burma serta Cina.

4. Batu Amber
Batu Amber (ambar) merupakan resin dari pohon – pohon yang kemudian membatu setelah proses beribu – ribu tahun. Batu amber bisa dibilang batu fosil. Banyak fosil yang ditemukan terbungkus oleh amber sehingga fosil tersebut tetap awet. Warna batu amber adalah emas, putih, hitam kuning limau, cokelat dan berbagai warna cantik lainnya sehingga banyak digunakan dalam membuat perhiasan. Perlu diingat bahwa batu ini tidak terbuat dari getah pohon tapi resin pohon.
Batu amber  ini sangat banyal digunakan untuk pembuatan perhiasan, pajangan, ornament dan parfum. Parfum amber bukanlah parfum murah yang tidak berkualitas. Mungkin harganya bisa lebih murah daripada parfum lain tapi harga parfum amber pun bisa lebih mahal, ini tergantung  pada merek dan komposisi lainnya.

Pingin merasakan wangi amber yang segar ? Pada tahun 2012 ini, 3 parfum murah amber dikeluarkan oleh 3 perusahaan yang berbeda yaitu:
  • Ambre Nue oleh Atelier Cologne
  • Amber Bond No 9 oleh Bond New York
  • Amber Oud oleh Kilian


Batu akik amber banyak diburu oleh orang meskipun harganya bisa dibilang mahal. Hal ini dikarenakan khasiat batu amber mampu memancarkan karisma sehingga memiliki daya tarik yang kuat.

5. Batu Intan
Diketahui dari sebuah penemuan, berlian berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang juga mengandung atom dan karbon. Yang memang pada kenyataannya berlian merupakan kristal transparan yang mengikat empat bagian karbon atom. Batu berlian terbawa kepermukaan bumi melalui letusan volkanik. Menurut penelitian, naiknya berlian kepermukaan bumi dikarenakan batu yang mencair. Berlian dikembangkan dari bermil-mil bagian dalam permukaan bumi, pada kerendahan 150 km (90 mil), pada tekanan kira-kira 5 giga pascal dengan temperatur sekitarnya 1200 derajat celcius (2200 derajat Fahrenheit). Berlian bisa menjadi bentuk alami lain sesuai tingginya tekanan, secara relatif pada saat temperatur rendah. Namun sangat disayangkan berlian tidak bisa terbentuk dari bawah laut.Berlian adalah nama lain dari batu intan (diamond), batu intan yang berkualitas bagus disebut dengan nama berlian.
Sejak zaman purbakala bahkan pada saat penamaan berlian itu sendiri, berlian terkenal sebagai material yang paling keras ke tiga setelah ‘Aggregated diamond nanorods’ dan ‘Ultrahard Fullerite’.
Menurut sejarahnya, nama berlian itu sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya “Tak Terkalahkan”.
Berlian muncul kepermukaan bumi sudah sangat lama, berkisar dari 1-3,3 milyar tahun yang lalu. Berlian pertama kali dikenali dan ditambang di India. Dahulu, ada referensi yang ditemukan pada sebuah text penganut Budha, salah satu text Sansekerta ( Anguttara Nikaya ) yang kemudian disempunakan sekitar 296 BCE yang lalu. Text tersebut menceritakan juga mengenai ciri utama berlian yang kilaunya memancar. Pada saat itu berlian berasosiasi dengan membawa nama keTuhanan (Dewa), sebagai lambang dekorasi religius. Berlian dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapapun yang memilikinya. Di India, pemiliknya dibatasi dengan kasta berdasarkan warna. Hanya Raja saja yang diizinkan memiliki semua warna berlian.
Seiring perkembangan zaman akhirnya berlian dapat diperdagangkan di daerah Timur dan Barat India dan dapat digunakan di berbagai kebudayaan untuk gemologi atau industri.
Di Eropa, berlian menghilang selama hampir 1000 tahun mengikuti berkembangnya umat kristiani. Mereka menolak keberadaan berlian yang pada awalnya dipercaya dapat digunakan sebagai Azimat. Hal ini sangat ditentang oleh umat kristiani. Karena menurut kepercayaan mereka, hanya Tuhan saja yang boleh dipercaya.
Namun, popularitas berlian kembali naik yang banyak digunakan sebagai batu permata. Hal ini disebabkan meningkatnya ketersediaan berlian itu sendiri seiring berkembangnya sejarah Eropa tersebut.
Di Perancis, pada abad ke-13 Raja Llouis IX menetapkan hukum yang menyatakan bahwa hanya Raja saja yang boleh memiliki berlian
Di bulan Febuari 2005, Tim Amerika (US) dan Cina memberikan laporan Arkeolog mengenai penemuan dari empat kekayaan almunium yang berasal dari kuburan batu yang pada saat itu menjadi adat kebudayaan Cina. Pada 4000 BCE-2500 BCE, para ilmuwan menemukan kampak bercahaya yang dipercaya dapat disemir dengan bubuk berlian sehingga tampak jauh lebih menarik.Di Cina, berlian biasa digunakan untuk pelengkap berlian lain, salah satunya adalah sebagai pengukur atau pelengkap ‘Jade’ (permata hijau lumut).
Setelah berabad-abad, dikalangan Aristokratis, berlian semakin populer sebagai batu permata. Tentunya hanya dikalangan mereka yang ber-uang dan ber-kelas. Biasanya digunakan sebagai cicin pernikahan. Sesuai perkembangan zaman, popularitas berlanjut dan berkembang dengan banyak perubahan bentuk sesuia permohonan estetika berlian. Berlian membuktikan bisa tetap populer dengan berbagai kelas sepanjang harganya masih terjangkau. Berlian menjadi salah satu objek yang sangat penting karena dapat berkembang pada dunia pembelian, penjualan, bahkan masuk dalam catatan kejahatan sampai politik.
Berita terbaru menurut Washington post tanggal 5 Maret 2007, telah ditemukan berlian jenis baru di negara Kanada. Ditemukan oleh seorang ahli batu yang selama bertahun-tahun membiayai pencarian berlian dinegara tetangga. Diakui, berlian ini milik Amerika Utara. Hal ini membuat Kanada mandapat aliran uang yang deras sebagai negara ketiga penemu berlian.

TEHNIK MENGENAL BERLIAN

Teknik untuk mengetahui apakah suatu permata adalah berlian sangatlah mudah bagi seorang ahli berlian. Akan tetapi andapun bisa mengenal berlian dengan cara berikut:
Pemeriksaan fisik dengan mata

1. Melihat suatu benda/bayangan dari “tafel” (bagian atas berlian )
Karena adanya pemantulan sinar yang kuat pada berlian (pengaruh indeks bias), maka berlian akan memiliki kilau yang kuat sehingga tidak mungkin bagi kita untuk melihat, suatu benda dari atas tafelnya.
2. Karena Indeks bias yang besar maka berlian tidak tembus pandang, letakan koran dibawah berlian dan lihat tulisannya dari atas berlian, jika tulisan terlihat / tembus sudah pasti permata tersebut bukanlah berlian asli.
3. Uji miring,
indeks bias berlian sangat besar sehingga memungkinkan dilakukan pemeriksaan dengan cara yang sederhana yaitu dengan cara: pegang berlian dengan cara mendatar, kemudian secara perlahan miringkan sampai sudut tertentu maka berlian akan berkilau, tetapi jika setelah kita miringkan ternyata sinar yang keluar kosong maka itu berarti bukan berlian asli.
4. Berlian merupakan penghantar panas yang tinggi Berlian mempunyai daya hantar panas yang tinggi dari benda benda lainnya, oleh karena itu berlian lebih cepat mengkuti temperatur sekelilingnya, sehingga apabila berlian dipegang maka akan terasa dingin dan kemudian cepat menjadi panas setelah dipegang terus menerus.
Pemeriksaan Dengan Alat
 
1. Pemeriksaan dengan jarum uji berlian.
Jarum uji berlian terbuat dari besi yang ujungnya merupakan berlian asli. Goreslah permata yang akan diuji dengan jarum uji tersebut berlahan-lahan kemudian lihat apakah permata tersebut tergores? jika tergores berarti permata tersebut bukan berlian.
2. Pemeriksaan dengan diamond tester
sekarang banyak dijual diamond tester, alat ini mudah didapatkan di toko namun demikian hati-hati dengan synthetic Moissanite karena alat ini tidak bisa membedakan antara diamond asli dengan sinthetic moissanite.


Menilai Warna

Konsep standar suatu berlian yang tergolong sempurna adalah berlian yang hadir dengan tanpa warna. Pada umumnya, warna berlian rata-rata putih kekuning-kuningan juga mendekati kecoklat-coklatan, namun sebenarnya warna yang ada diberlian memiliki beberapa variasi. Pada kasus berlian hitam atau “black diamond”, sesungguhnya tidak benar-benar berwarna hitam. Namun, berwarna gelap yang berisikan sebuah kumpulan warna. Sehingga membuat penampilan black diamond terlihat hitam nan-elegan.
Dalam berlian ada beberapa penilaian kelompok warna, yang mana ditandai oleh huruf. Dimulai dari huruf D sebagai perwakilan tanpa warna sama sekali atau bening, hingga huruf Z yang mewakili warna kecenderungan kuning sekali. Dalam penilaian warna melalui huruf ini kemudian membentuk kelompok yang sesuai dengan kategori kecenderungannya.
Untuk penilaian huruf D hingga F adalah merupakan kategori tanpa warna. Selanjutnya dimulai dari G hingga J merupakan kategori cenderung berwarna. Sedangkan dari K hingga M adalah perwakilan warna kuning pucatdan N hingga R, adalah merupakan kategori spektrum sangat kuning. Kemudian yang terakhir S sampai Z merupakan perwakilan kategori sempurna kuning.
Untuk kualitas yang dihadirkan melalui berlian yang berwarna paling tidak haruslah bersertifikat GIA. Maksud dari sertifikat GIA adalah sebuah standarisasi berlian berwarna yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America. Sebuah institute yang menguasai dan mempelajari sebuah ilmu bernama Gemologi, ilmu yang dimana berlian merupakan sebuah salah satu obyeknya.
Lembaga ini telah berdiri semenjak tahun 1931, suatu umur yang cukup bisa diandalkan dalam menentukan suatu standart benda. GIA bukan hanya mencetus standarisasi dari warna tetapi ketiga standarisasi lainnya. Dimana GIA lah yang menelurkan stadarisasi 4Cs yang telah tersebutkan sebelumnya.
Sebenarnya stadarisasi warna terbaik dari suatu berlian adalah berlian yang tanpa warna atau cenderung bening. Namun bukan berarti warna bening menjadi banyak beredar dipasaran, melainkan berlian dengan kualitas seperti ini adalah suatu yang langka. Sebenarnya warna berlian yang ada dipasaran ada berbagai macam, dan tersedia hampir dikesemua warna.
Seperti berlian Hope yang berwarna biru. Kemudian beberapa berlian lainnya dengan warna kuning muda, merah jambu, dan hijau. Dimana untuk pengkategorian warna agar tidak menimbulkan suatu kebimbangan, warna yang terang dan jelas dikatakan sebagai “fancies”.

Berlian yang termasuk “fancy colored” atau warna terang adalah berlian langka. Namun bila telah dimasuki suatu pewarnaan sintetik atau pewarna buatan, berlian itu hanyalah akan menjadi tidak berharga. Maka adalah untuk lebih baiknya pemilihan suatu berlian

Kejernihan merupakan salah satu hal pokok dalam penentuan harga nominal yang akan disematkan pada sebuah berlian. Berlian akan mahal bila mempunyai pembiasan yang cukup menawan. Lagipula berlian yang seperti ini akan jarang kita temui, dan tentunya sejalan dengan prinsip sesuatu yang unik akan cukup bernilai lebih.
 
Kejernihan
Kejernihan bila kita tinjau dari katanya itu sendiri, kita akan menemui kata dasar “jernih”. Jernih berarti kemampuan sinar dalam menerawang tembus lalu keluar dari suatu benda. Dimana yang berarti semakin mampu berlian dalam membiaskan sinar secara terstruktural, maka semakin sempurna nilai kejernihan dari berlian itu sendiri. Sedangkan bila ditelaah dari sisi pengertiannya, maksud dari “kejernihan berlian (diamond clarity)” dapat disimpulkan sebagai ukuran struktural akan kemurnian sebuah berlian. Dimana kadang kata jernih dapat disandingkan sepadan dengan sebuah kata kemurnian. Jadi setelah kita membahas pengertiannya, maka sekarang kita akan memasuki bagian bagaimana caranya untuk mengetahui suatu nilai kejernihan.
Suatu kejernihan dari berlian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor – faktor inilah yang akan ditelaah seperti Nomor, Ukuran, Warna, lokasi yang relatif, orientasi, dan pengamatan yang jeli pada bagian-bagian dalam berlian. Kesemua ini hanya dapat dilihat oleh ahlinya dari sudut pandang 10 kali pembesaran. Melalui sebuah ilmu yang dikatakan sebagai ilmu gemologist.
Sedangkan untuk sebagian besar orang hanya dapat menilai berlian berdasarkan penglihatan sempurna atau tidaknya penampilan berlian tersebut. Untuk yang sebenarnya, sebuah penghitungan secara struktural dapat diketahui dengan suatu pertimbangan. Pertimbangan yang akan dijadikan acuan untuk menilai berlian adalah warna awan mendung yang besar sehingga membuat berlian tampak memancarkan cahaya secara menyebar.
Untuk lebih jelas mengenai sebuah pengukuran dari kejernihan, kami akan coba tampilkan sebuah tabel yang bisa menjadi acuan. Berikut adalah tabel tingkatan pengertian akan sebuah perbandingan dari suatu kejernihan, dari kategori F untuk yang paling jernih, sampai I3 yang paling tidak jernih:

Simbol  Arti       Definisi
F          Flawless           Bebas dari semua inklusi atau bercak sel
IF         Internal Flawless            Tanpa inklusi disaat penglihatan 10x pembesaran
VVS1    Very Very Slightly included #1    Nampak inklusi kecil yang sangat sulit dilihat pada 10x pembesaran
VVS2    Very Very Slightly included #2    Nampak inklusi kecil yang sulit dilihat pada 10x pembesaran
VS1      Very Slightly included #1           Sedikit inklusi yang sangat sulit dilihat pada 10x pembesaran
VS2      Very Slightly included #2           Sedikit inklusi yang sulit dilihat pada 10x pembesaran
SI1       Slightly Included #1       inklusi yang nyata nampak pada 10x pembesaran
SI2       Slightly Included #2       Inklusi yang sangat nyata nampak pada 10x pembesaran
I1          Included #1       inklusi yang nyata. Dimana dapat dilihat dengan mata langsung
I2          Included #2       Inklusi yang nyata. Dimana mudah dilihat dengan mata langsung
I3          Included #3       Inklusi yang nyata. Dimana sangat mudah dilihat dengan mata langsung
Carat

Karat disini maksudnya adalah ukuran berat pada berlian. dimana 1 karat adalah sama dengan 0.200 gram atau 1/5 gram. Untuk peryataan lambang nilai satuan dari carat adalah ct. Sebelum kita menilik lebih jauh tentang sebuah satuan yang bernama carat, maka akan ada baiknya bila kita menoleh sebentar kepada sebuah asal usul dari standarisasi carat ini.
Untuk pertama kalinya carat digunakan sebagai pengakuan akan perhitungan nilai suatu berlian, dimulai oleh peradaban Yunani, Keraton. Dimana yang menjadi acuan adalah sebuah kacang-kacangan dari sebuah tumbuhan bernama carob bean. Peristiwa ini diestimasikan terjadi sekitar pada tahun 1914an. Jadi berat memang menentukan dalam mengukur suatu satuan nilai bernama carat. Tapi perhitungan dari berat bukanlah merupakan suatu aturan yang baku, ada modifikasi tersendiri tentang nilai nominal harga yang dicantumkan.
Contohnya bila dua buah berlian mempunyai ukuran carat yang sama, bukan berarti akan sama harganya. Melainkan akan ada perbandingan kualitas yang membedakan harga masing – masing berlian. Begitu juga bila ukuran carat dua buah berlian itu sama, dapat berbeda dalam hal ukuran besarnya.
Lalu bagaimana kita menentukan karat, bila suatu berlian yang biasa kita lihat, hanyalah sebesar bijih kacang polong dan berada pada sebuah rangkaian cincin. Untuk mengukurnya kita tidak mungkin akan mengeluarkannya dari rangkaian cincin, itu terlalu beresiko dan bisa merusak keindahannya. Belum lagi masalah waktu dan biaya yang akan dihamburkan dari proses pengukuran dengan cara ini.
Tentunya memang tidak akan mudah mengukur dan mengestimasikan berat suatu berlian ini. Kita dapat mengukur berat suatu berlian melalui diameter ataupun untuk lebih baiknya adalah mengukur kedalamannya.
Kedua alternatif pilihan ini bila dilakukan secara seksama maupun terukur, dapat kita andalkan kebenarannya. Untuk nilai selisih yang mungkin terjadi dari telitinya perhitungan ini, hanya menyisakan 1% atau paling parah mencapai 2%.
Dalam pengukuran nilai berat ini memang bisa menentukan suatu besaran nilai suatu carat. Berikut adalah tabel yang akan mungkin bisa menjadi acuan bagi anda, mengenai sebuah perbandingan antara berat dan carat.


Batuan yang indah tidak hanya memberikan keindahan saja namun juga bisa meningkatkan rasa percaya diri si pemakai. Batu akik intan memberikan ketenangan batin dan menambah semangat hidup. Batunya yang biasanya berwarna putih jernih dan berkilauan memancarkan ketenangan.

6. Onix Hitam
Batu akik ini menjadi salah satu jenis batu akik banyak yang digunakan para pebisnis karena khasiat batu onix hitam dianggap mampu memberikan perlindungan bisnis pada cincin tersebut.
Batu onyx termasuk ke dalam golongan batuan kuarsa. Batu onyx digolongkan dama tiga macam, yaitu onyx biasa, karneol onyx, dan sardonyx. Batu onyx biasa merupakan batu onyx yang berwarna hitam dan memiliki warna dasar putih, sedangkan kerneol onyx adalah batu onyx yang berwarna merah dan memiliki warna dasar putih.
Batu onyx hitam
Sementara, sarndonyx adalah batu onyx yang berwarna merah tua dan memiliki warna dasar putih. Artinya, batu onyx hitam adalah batu onyx biasa. Biasanya, batu onyx dibuat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan melalui proses pemanasan atau kimia. Hal ini membuat batu onyx ini sulit sekali dibedakan keasliannya.

Batu kecubung kopi hitam
Batu kecubung kopi hitamBatu kecubung kopi adalah sebuah batu kecubung yang berwarna hitam pekat. Batu kecubung kopi ini konon katanya, jangan dibalik, sangat langka dan sangat sulit untuk ditemukan.
Karena langkanya batu ini, batu kecubung kopi ini dipasaran memiliki harga yang cukup tinggi. Batu kecubung kopi ini sangat istimewa dan dapat dijadikan sebagai aksesoris, baik untuk pria maupun wanita.
Batu safir hitam
Batu safir hitam
Selama ini masih banyak dari penggemar batu mulia yang masih awam beranggapan bahwa batu safir hanya berwarna biru saja. Memang pada kenyataannya, batu safir kebanyakan hadir dengan warna biru, tapi warna safir juga banyak ditemukan dengan warna lain, seperti ungu, merah, orange, kuning, hijau, putih. Bahkan ada batu safir yang berwarna hitam. Batu safir hitam disebut juga Black Star Sapphire.
Batu safir hitam banyak disukai oleh pria dan wanita. Namun, di Indonesia, kebanyakan kaum pria yang menyukai batu safir hitam ini. Fenomena 6 sudut akan terlihat jika batu safir hitam ini terkena cahaya. Kualitas batu safir hita, ditentukan dari ratanya warna hitam yang ada padanya, juga dari ketajaman, 6 ray star nya.
Batu Wulung Hitam
Mungkin para penggemar batu cincin pernah mendengar tentang batu berwarna hitam yang biasa disebut dengan Batu Wulung atau Badar Wulung. Istilah Wulung ini banyak dipakai di dunia perpusakaan, seperti bamboo wulung, dan kecubung wulung.
Batu wulung ini bila dilihat secara fisik memang tidak memiliki keindahan, karena hanya terlihat seperti batu yang berwarna hitam saja.



Pada masa dahulu, zamrud hanya dipakai oleh golongan bangsawan,raja-raja dan pembesar negara sebagai simbol keagungan dan kekuasaan. Para pemakai batu zamrud juga percaya dan yakin batu ini akan memberi keuntungan da keyakinan yang tinggi.
zamrud digunakan untuk penyembuhan physik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.
Zamrud adalah lambang cinta sejati dan kebijaksanaan.

Dengan senyawa Al2Be3[Si6O18] zamrud adalah batu permata yang bernilai tinggi dengan warna hijau sampai hijau tua dengan variasi warna : hijau segar, hijau – kekuningan, hijau kebiruan. Mayoritas mineral zamrud membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat. Kekerasan zamrud termasuk rendah / rapuh (7,5 dalam skala Mohs) dengan Sistem kristal Heksagonal dan Index bias : 2,67 – 2,78. Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau zamrud-lah yang dianggap paling mempesona dengan Aura batu yang menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman serta menjaga kesegaran rohani dan jasmani.

Kesehatan: Digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional serta penyakit saraf dan mental, menguatkan memori/mempercepat daya pikir & kreativitas. Orang yang pelupa cocok untuk mengenakannya karena Zamrud dapat menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas. Warnanya yang hijau merupakan penyembuh luar biasa bagi penyakit mata serta mencegah keracunan, mencegah serangan epilepsy dan bila diletakkan di mulut dapat menurunkan gejala desentri. Juga untuk penyembuhan liver, masalah di bagian kepala, mengatasi kencing manis dan penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.
 
Aura Batu: Konon dapat mengusir roh jahat. Selain itu membawa kesetiaan, keberhasilan kehidupan percintaan dan menemukan teman-teman yang jahat, juga membantu ketegasan pikiran, menemukan teman sejati dan merupakan symbol kelahiran kembali dan kemudaan.
Menurut legenda, Zamrud dapat mmperkuat daya ingat pemiliknya, meningkatkan kepandaian dan membantu memprediksi masa depan. Dapat membawa kebijaksanaan, kerajinan, kebahagiaan, menjauh dosa, dan membantu menempuh cobaan. Selain itu banyak para pengusaha yang memakai Zamrud karena mereka yakin batu yang dikenakannya akan membawa keberuntungan. Batu ini dipercaya juga membantu wanita pada saat melahirkan.
Batu zamrud sering digunakan orang untuk mendatangkan kesejukan batin ketika sedang berada pada kesulitan dan kemudian menyejukkan dan mendatangkan ketenangan dalam hidup.

Batu pirus merupakan salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia. Batu pirus kebanyakan orang menyebutnya pula merupakan salah satu jenis batu permata yang model atau motifnya beraneka ragam warna dan corak dominan warna biru laut berpadu dengan guratan warna coklat keemasan yang merupakan lambang kekuatan dan keagungan.
Begitupun dengan batu pirus warna warna lain nya. Yang pastinya mempunya pamor dan keunikan tersendiri.


Batu virus ini juga merupakan batu misterius yang langka lebih dari batu giok atau batu jamrud lainnya yang ditemukan di negeri ini.
Karena batu pirus ini mempunyai nilai keras 5-6 berdasarkan daftar keras Mohs, oleh sebab itu batu virus juga memiliki harga yang lumayan tinggi dengan kadar karat atau mineral yang tinggi pula.
Mineral alam yang terkandung didalam batu virus tidak bisa tergantikan dengan batu virus imitasi atau batu virus buatan, oleh sebab itu berhati hatilah dalam memilih batu batu permata karena dengan perkembangan teknologi saat ini telah mampu menciptakan batu batu permata yang memiliki penampilan lebih bagus daripada batu alami namun tidak memiliki kandungan mineral alami.

Berikut sebagian pengalaman saya tentang batu pirus asli dengan berbagai corak warna yang memiliki pamor dan bentuk keunikan tersendiri.

Beraneka warna batu pirus asli

pirus-urat-emas.jpg

Batu Pirus biru urat emas persia (No.1)


pirus-hijau-persia.jpg

Batu Pirus hijau persia (No.2)


pirus-urat-merah-naga.jpg

Batu Pirus berurat merah gambar naga (No.3)


pirus-turqouise-arab.jpg

Batu Pirus turquoise arab (No.4)


pirus-merah-urat-jala.jpg

Batu Pirus merah urat jala persia (No.5)


pirus-kuning-sunkist.jpg

Batu Pirus kuning sunkist serat hitam persia (No.6)


pirus-hitam-urat-emas.jpg

Batu Pirus hitam persian turquoise berserat emas (No.7)


pirus-hijau-urat-emas.jpg

Batu Pirus hijau persia, Langka berserat emas (No.8)


pirus-urat-jala-asli.jpg

Batu Pirus berserat jala asli (No.9)


pirus-urat-tembaga.jpg

Batu Pirus urat tembaga (No.10)


pirus-ungu-urat-emas.jpg

Batu Pirus ungu serat emas asal mesir (No.11)


pirus-putih-africa.jpg

Batu Pirus putih serat hitam asal africa (No.12)


pirus-orange-turki.jpg


Efek dari batu pirus

Menurut para pakar dan penggemar batu pirus, batu ini sangat sensitive terhadap bau-bauan. Batu pirus dapat menyerap bau, minyak atau kotoran dalam jangka waktu yang lama, sifat batu turquoise atau pirus agak lunak dan berpori-pori, sehinga pemakaian dan perawatannya harus lebih diperhatikan karena dapat menyerap minyak atau bahan kosmetik seperti parfum jadi hindarkan atau jangan meletakkan batu pirus ini bersamaan dengan barang-barang yang mempunyai zat-zat yang bisa mempengaruhi batu pirus tersebut. Batu pirus juga perlubernafas dan ruangan yang lembab atau kurang udara dapat menyebabkan warna batu pirus berubah dan akhirnya jatuh nilai harganya. Batu pirus sering dipakai pada para raja dan penguasa di zaman dulu.


Batu Permata Pirus ini memiliki kriteria pengaruh-pengaruh dengan khasiatnya antara lain membawa kedamaian, kebahagiaan dan menolak bencana atau bahaya dan sebagainya..
Namun ingatlah sahabat kita bukan batu lah yang menciptakan, melainkan alLoh sang maha kuasa, semua ciptaan nya tentunya harus kita cintai, tp bukan untuk kita yakini atau menduakannya, semuanya itu hanyalah sebuah perantara.

Batu Pirus, Batu Permata Nan Indah dan Bertuah
Benda bertuah sejak ribuan tahun silam telah menjadi sumber daya tarik bagi manusia. Batu Pirus, sebuah nama yang tak asing di telinga masyarakat pada umumnya dan para penggemar batu permata maupun batu bertuah pada khususnya, baik di Indonesia maupun di segala penjuru jagad raya ini. Batu Pirus adalah salah satu batu yang unik , selain masuk dalam kategori batu permata karena keindahan warna dan urat-uratnya, batu pirus juga masuk dalam kategori batu bertuah. Khasiat atau tuah batu pirus telah tertulis di beberapa kitab suci maupun kitab-kitab hikmah, sehingg tidak mengherankan jika batu pirus ini banyak diincar dan diburu para pecinta batu di jagad raya ini.


Nah di atas itu adalah beberapa batu yang paling populer karena dipercaya bertuah berkhasiat secara gaib bagi si pemakai. Dan berikut ini beberapa jenis batu akik dengan harga paling mahal karena barangnya yang langka dan memang bernilai seni tinggi.



Banyak orang yang akan mengetahui beberapa perbedaan batu Giok Jadeite dengan Nephrite, ya, karena hingga saat ini juga mungkin tidak banyak juga orang yang mengetahui bahwa batu permata Giok sendiri sebenarnya memiliki dua jenis yang sudah terkenal di mancanegara. Hanya saja memang lebih banyak orang yang mungkin hanya mengetahui bahwa hanya terdapat satu jenis batu giok saja yang cenderung memiliki warna hijau, namun faktanya tidak berbeda jauh dengan jenis batu permata lainnya bahwa batu giok sendiri juga sebenarnya terdiri dari beberapa jenis yang berbeda.
Ya, karena Jade Stone atau batu Giok sendiri terdiri dari 2 jenis yang berbeda yaitu Jadeite dan juga Nephrite, kedua jenis batu permata terebut memang merupakan jenis dari batu Giok yang diketahui memiliki cukup banyak perbedaan. Bagi anda yang merasa penasaran terhadap perbedaan tersebut, maka dibawah ini adalah beberapa perbedaan batu Giok Jadeite dengan Nephrite yang dapat kita ketahui bersama.

Perbedaan Batu Giok Jadeite Dengan Nephrite


Perbedaan Batu Giok Jadeite Dengan NephritePerbedaan yang terlihat signifikan adalah dari warna kedua jenis batu Giok tersebut, dimana batu Giok Jadeite sendiri memang memiliki warna yang khas dari batu Giok yaitu hijau, oranye kemerahan, warna lavender, hingga biru kehijauan. Sedangkan batu Giok Nephrite sendiri memiliki warna yang berbeda karena cenderung berwarna putih susu, dan yang hingga saat ini banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah batu Giok jenis Jadeite yang memang memiliki warna yang cenderung hijau.
Selain itu, perbedaan pun dapat diketahui melalui tingkat kekerasan dari kedua jenis batu Giok tersebut, dimana batu Giok Jadeite memang diklaim lebih keras karena diketahui memiliki tingkat kekerasan antara 6 hingga 6.5 dalam hitungan skala mohs. Sedangkan batu Giok Nephrite sendiri hanya memiliki tingkat kekerasan antara 6 hingga 6.5 skala mohs saja, selain itu, diketahui bahwa kandungan mineral yang terdapat di dalam kedua jenis batu Giok tersebut juga memang berbeda.
Diketahui bahwa batu Giok Jadeite sendiri memiliki kandungan mineral seperti Natrium Silikat dan juga Alumunium sehingga memiliki tingkat kekerasan yang lebih baik, sedangkan untuk batu Giok Nephrite sendiri diketahui memiliki kandungan mineral seperti Silikat Natrium dan juga Magnesium. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa perbedaan batu Giok Jadeite dengan Nephrite yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi batu permata di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

info batu giok jadeit neprhite apa perbedaan batu akik dengan batu giok warna batu giok jadeite tingkat kekerasan batu giok perbedaan giok dengan permata kekerasan batu jadeite kandungan batu nephrite kadar keras batu giok skala mohz bedanya barjad api dan ice jade jadeite giok putih apa perbedaan dari jade jadeite dan nephrite

batu yang sempat menjadi misteri selama beberapa tahun ini memiliki nilai lebih dari USD 3 juta per karat. Sehingga tidak heran bila pada tahun 1997 lalu di Hongkong terjual sebuah kalung dengan untaian batu Jadeite seharga USD 9,3 juta atau setara Rp 109,4 miliar dengan kurs saat ini. 

Batu jenis ini dilaporkan ditemukan di California (Amerika Serikat), Myanmar, Selandia Baru, Guatemala, Itoigawa (Jepang), Kazakhstan, Rusia, Kanada, dan Italia. 

10. RED DIAMOND
Berlian atau Diamond adalah sebuah benda alam yang ditemukan6 dalam perut bumi dan terbentuk sejak ribuan bahkan jutaan tahun di dasar bumi. Proses terbentuknya terjadi secara alami dalam temperatur dan tekanan sangat tinggi sehingga menghasilkan meterial kristal yang sangat keras dengan tingkat kekerasan 10 pada skala mohs.
Istilah Diamond pada batu ini asal kata dari Adams bahasa Yunani Kuno yang berarti ‘Tak Terpatahkan’ anti pecah dan sangat kuat, sekaligus melambang karakteristik pada batu itu sendiri sebagai batu terkeras di bumi sehingga mampu merefleksikan cahaya dan keindahan luar biasa.
Kesempurnaan struktur pada batu Diamond telah menempatkan batu ini sebagai “Raja Permata,” dengan segala keindahan dan keunikanya membuat batu ini menjadi batu permata termahal di dunia dan mengalahkan semua jenis batu yang ada saat ini. Namun demikian setiap penggemar dan kolektor memiliki pandangan berbeda menilai sebua keindahan pada sebuah batu mulia.

Baca: Batu Mata Kucing (Cat’s Eye)Kekuatan berlian sebagai batu dengan tingkat kekerasan tinggi menjadikannya tahan terhadap berbagai benturan terhadap panas api. Sehingga dalam kepercayaan masyarakat Yunani kuno berlian dipercaya terbentuk dari air mata para dewa, sedangkan dalam kehidupan masyarakat Romawi berlian dipercaya sebagai serpihan bintang jatuh.
Selama berabad-abad dan sepanjang sejarah, berlian telah mewarnai perjalanan hidup manusia dan menempatkan berlian sebagai simbol keindahan, kekuatan, kemurnian dan simbol kehormatan bagi pemiliknya, bahkan sampai saat ini berlian masih dijadikan sebagai simbol kememewahan dan kekayaan.
Dalam banyak kebudayaan berlian tidak hanya dipandang dari sisi keindahannya tapi juga dianggap sebagai batu sakral yang mengandung daya magis tinggi, Karena itu banyak yang beranggapan mengenakan berlian dipercaya dapat memudahkan jalan hidupnya dan berlimpah keberuntungan.
  • Sebagai simbol cinta
  • Kemewahan dan keindahan
  • Dipercaya sebagai batu spiritual sejak ribuan tahun
  • Meningkatkan penglihatan batin
  • Merangsang kreativitas, kecerdasan, imajinasi, membuka pikiran dan mencerahkan
  • Menambah ketenangan dan ketentraman batin
  • Media melihat secara jarak jauh (telepati)
  • Mendorong perkembangan psikis (kejiwaan)
Berlian terbentuk secara alami dan mengendap dalam perut bumi selama jutaan tahun, yang terdiri dari karbon murni adalah unsur dasar kimiawi kehidupan. Batu ini banyak ditemukan di penambangan Afrika tengah dan selatan. Tapi juga banyak ditemukan dibeberapa negara seperti Kanada, Rusia, Brazil, dan Australia
Berlian terdiri dari berbagai warna seperti hitam (black diamond), Berlian merah (red diamond), kuning, pink dan biru. Harga batu berlian juga bervariasi tergantung pada kelangkaan dan warna
Hingga saat ini batu berlian masih menempati urutan tertinggi dari semua batu permata termahal di dunia misalnya sebuah batu berlian bisa terjual 250 Dollar/karat dan merupakan jenis batu berlian termahal di dunia saat ini.

11. BATU SERENDIBITE
Serendibite
Pertama kali ditemukan di Gangapitiya, Ambakotte, Sri Lanka, pada 1902. Kata Serendibite berasal dari "serendib", istilah Arab kuno untuk menyebut Sri Lanka. 
Batu yang ditemukan di Srilanka ini terdiri dari 3 jenis, yaitu: 0,35 karat, 0,55 karat, dan 0,56 karat. Harga batu ini mencapai USD 2 juta per karatnya.


Serendibite ($1.8-2 juta/karat)


http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata serendibite adalah mineral yang sangat langka yang mengandung boron.Hanya dua daerah yang dikenal menghasilkan serendibite berkualitas, yaitu Ratanapuradi  Sri Lanka dan Mogok di Myanmar utara. Sebagian besar serendibites ditemukanberwarna biru kehijauan, biru keabu-abuan atau kuning pucat dengan garis putih.



Garnet merupakan salah satu jenis batu berharga yang mengandung banyak warna, seperti: merah, oranye, kuning, hijau, dll. Harga batu ini mencapai USD 1,5 juta per karatnya.

Garnet biru adalah kelompok batuan garnet yang paling langka. Biasanya spesies garnet ini dtemukan dalam warna merah, oranye, kuning, hijau, ungu, coklat, hitam, dan pink. Garnet biru ditemukan akhir 1990 di Bekily, Madagaskar. Namun, pernah juga ditemukan di Amerika, Rusia, Kenya, Tanzania, dan Turki. Beberapa jenis garnet bisa berubah warna pada siang dan malam hari. 




13. PAINITE

Laman Wikipedia menyebutkan, batu ini pertama kali ditemukan di Myanmar oleh peneliti Inggris dan agen permata Arthur Sakit pada 1950-an. Susunan kimiawi batuan ini mengandung kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen. Rumus kimianya adalah (CaZrAl9O15 (BO3)).


Batu ini dipercaya sebagai batu paling langka di dunia. Harga dari jenis batu ini mencapai USD 60.000 per karatnya.






14.  BATU GRANDIDIERITE


Grandidierite adalah batuan yang sangat langka. Pertama kali ditemukan di Madagaskar selatan tahun 1902. Nama batuan ini merujuk pada penemunya Alfred Grandidier (1826-1912) yang melakukan studi sumberdaya alam di Magadaskar.

Batuan ini mengandung Magnesium, Aluminium, Besi, Silicon, Boron, dan Oksigen.Karena barang langka, batuan ini harganya USD 50.000 per 0,5 karat





15. BATU MUSGRAVITE

Batuan ini juga tergolong langka. Ditemukan pertama kali di Australia Selatan pada 1967, batuan ini sempat dianggap jenis batu yang sama dengan Taafeite. Itu sebabnya, publikasi baru dilakukan pada 1993. Untuk membedakan dua jenis batu ini biasanya menggunakan analisis X-ray.

Harga dari jenis batu ini adalah USD 35.000 per karat. 



16. RED BERYL EMERALD


Batu yang ditemukan di sebuah pegunungan di Utah dan juga pernah dilaporkan ditemukan di daerah Mexiko ini memiliki harga USD 10.000 per karatnya
Red Beryl memiliki nama lain yaitu Bixbite, Red Emerald atau dalam bahasa Indonesia disebut Zamrud Merah. Berawal dari Maynard Bixbi (1853-1935) di tahun 1905 ketika sedang melakukan penambangan di pegunungan Thomas barat dariUtah telah menemukan sebuah kristal yg memiliki warna berbeda dari kristal kristal sebelumnya. Saat itu merupakan hal yg lumrah bagi masyarakat disekitar tambang akan kristal Beryl yg berwarna hijau adalah Emerald dan warna biru adalah Aquamarine.

Maynard Bixbi, walaupun dia cukup yakin bahwa kristal tersebut juga dari keluarga Beryl dengan melihat struktur kristalnya yang tidak berbeda dengan Beryl, namun warna tersebut merupakan yg pertama kalinya ditemukan. Akhirnya beliau mengirimkan beberapa sample kepada Profesor W.F Hillebrand seorang ahli geokimia unuk dianalisa lebih lanjut di universitas nasional di Washington dan mengidentifikasikan bahwa ini adalah spesies baru dari keluarga Beryl. Akhirnya di tahun 1912 sebagai sebuah kehormatan bagi penemunya Dr A. Eppler menamakannya dengan Bixbite sesuai dengan nama belakangnya.

Di akhir tahun 1950, orang-orang kembali menemukan batu keluarga Beryl ini di Pegunungan Wah Wah, Utah. Hingga saat ini hanya ada 3 pegunungan penghasil beryl merah Pegunungan Wah Wah, Pegunungan Thomas dan daerah Black Range di New Mexico.

Red Beryl diperkirakan telahterbentuk di sepanjangpatahan pegunungandalamrongga atau dalam riolit host dari gas bersuhu tinggi ataufase uap dilepaskan selamatahap terakhir daripendinginan dan kristalisasi magma riolitRhyolitesbiasanya kekurangan mineral permata dan beryls apapunsangat jarangoleh karena itu kehadiran Red Beryl       menunjukkan beberapa kondisi yang tidak biasa untuk pembentukan batu permata
Red Beryl berkisar dalam warna dari oranye-merah keunguan untuk-merah dengan nada menengahKristalterbesar dalam bentuk bongkahan adalah 14mm x 34mm dan beratnya sekitar 54 karatRata-rata batu permata berkualitas memiliki berat 8,0 karat. Dan paling terbesar memiliki bobot 15 karat.

Karena itulah, Red Beryl dinobatkan sebagai spesies langka batu permata di dunia dan masuk jajaran 20 batu termahal di dunia. Penjualan Red Beryl terakhir di Amerika terjual seharga U$ 10.000 per karat.


17. BATU BLACK OPAL


Australia merupakan negara penghasil batu opal terbesar di dunia karena lebih dari 95% batu opal yang ditemukan disana termasuk sebagai batu berharga. Harga dari batu ini mencapai USD 2.355 per karat


Mengenal Batu Permata Labradorite Asli
Untuk anda yang ingin mengenal batu permata Labradorite asli lebih jauh lagi maka tentunya akan membutuhkan berbagai informasi yang berhubungan dengan batu permata tersebut, yang tentunya juga pada saat ini informasi mengenai berbagai jenis batu permata sudah dapat ditemukan dengan mudah di media online. Jenis batu permata sendiri hingga saat ini memang diketahui terdapat sangatlah banyak dan beragam, dan dari sekian banyak jenis batu permata yang ada, maka terdapat salah satu jenis batu permata yang memiliki tampilan sangat cantik dan terhitung sulit ditemukan yaitu batu permata Labradorite.
Ya, sulit ditemukan karena memang jenis batu permata ini yang asli bukanlah berasal dan terdapat di Indonesia, namun jenis batu permata ini berasal dari berbagai daerah yang terdapat negaga Kanada, sehingga dengan kata lain diketahui bahwa jenis batu permata Labradorite sendiri memang berasal dari negara Kanada. Awalnya jenis batu permata Labradorite ini ditemukan di semenanjung Labrador di bagian pantai sebelah timur negara Kanada di sekitar tahun 1770an, sesuai dengan daerah ditemukannya jenis batu permata tersebut, akhirnya jenis batu permata tersebut dinamakan batu permata Labradorite.

Mengenal Batu Permata Labradorite Asli

Untuk mengenal batu permata Labradorite asli dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu cirikhas warna dari batu permata ini, dimana karateristik warnanya sendiri banyak yang mengatakan setara dengan batu permata opal yang terkenal karena efek warnanya yang beragam. Batu permata Labradorite asli sendiri biasanya akan memiliki komposisi warna biru terang yang cenderung akan memiliki kombinasi dengan warna lain seperti abu, hitam, kuning, cokelat, bahkan hingga oranye, dan untuk motifnya sendiri sangatlah beragam, namun jenis batu permata Labradorite yang asli biasanya akan memiliki banyak serat di bagian permukaannya.
Selain itu, diketahui juga bahwa jenis batu permata Labradorite yang asli akan memiliki tingkat kekerasan antara 6 hingga 6.5 pada hitungan skala mohs, dan untuk tingkat transparansinya sendiri diketahui masuk pada kategori Transluccant atau Opaq. Dimana batu permata yang asli akan memiliki kandungan formula kimia berupa Na (AlSi3O8) serta Ca (Al2Si2O8) dengan sistem kristalisasi Triklinik.

Ciri Keaslian Batu Cincin Keladen
Mengetahui berbagai macam ciri keaslian batu cincin Keladen mungkin dapat dikatakan bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih bagi mereka yang memang masih berstatus sebagai pemula dalam dunia batu akik dan permata. Ya, karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada saat ini memang sudah terdapat semakin banyak orang yang mulai menyukai berbagai macam batu akik, maka dari itulah tentu tak heran jika hingga saat ini informasi yang berhubungan dengan batu akik dan permata sendiri banyak di ulas di berbagai media.
Diketahui bahwa hingga saat ini jenis batu akik dan permata sendiri juga sudah terdapat sangat banyak dan juga beragam, dan salah satunya adalah jenis batu akik Keladen yang diketahui merupakan salah satu jenis batu permata yang berasal dari Indonesia. Tepatnya berasal dari daerah Pacitan yang terletak di Provinsi Jawa Timur, dan jenis batu akik dan permata ini juga tekenal karena memang memiliki cirikhas warna dan motif yang unik dan berbeda dari jenis batu akik dan permata lainnya.

Ciri Keaslian Batu Cincin Keladen

Namun seiring dengan banyak diminatinya batu akik, hingga saat ini juga diketahui bahwa tidak sedikit jenis batu akik yang palsu atau sintetis yang beredar di pasaran, maka dari itulah bagi anda yang mulai gemar mengoleksi aneka macam batu akik dan permata tersebut hendaknya lebih teliti dan berhati-hati. Dan hal tersebut juga berlaku pada seluruh jenis batu akik yang ada pada saat ini dan tidak terkecuali pada batu akik Keladen, dan berikut ini adalah beberapa ciri keaslian batu cincin Keladen yang daapt kita ketahui bersama.
Ciri pertama yang dapat diketahui adalah bahwa karakteristik dari jenis batu akik Keladen ini dapat dikatakan mirip dengan jenis batu permata Biduri Bulan atau Moonstone, namun jenis batu permata ini juga memiliki cirikhas warna tersendiri yang biasanya akan cenderung berwarna ke-emasan dengan warna dasar seperti kuning, merah, atau oranye.
Selain itu, diketahui bahwa jenis batu keladen yang asli juga memiliki motif seperti cangkang kura-kura di bagian permukaannya, dan terdapat juga inklusi yang akan terlihat mirip seperti batu mata kucing dengan garis lurus memanjang dari satu sudut ke bagaian sudut lainnya.

Jenis Batu Sungai Klawing Yang Terkenal
Mungkin tidak banyak dari anda yang akan mengetahui jenis batu sungai Klawing yang terkenal bahkan hingga ke mancanegara, ya, rupanya sungai atau kali Klawing yang dulunya tidak banyak dikenal orang kini menjadi populer karena memiliki hasil alam yang berharga seperti batu akik atau batu cincin. Sungai atau kali Klawing sendiri merupakan salah satu sungai atau kali yang terdapat di Kabupaten Purbalingga yang masuk pada Provinsi Jawa Tengah, diketahui bahwa sungai atau kali Klawing tersebut berhulu di Gunung Slamet hingga berujung dan menyatu dengan sungai atau kali Serayu yang terdapat di Kabupaten Banyumas.
Dan seiring dengan diminatinya banyak jenis batu akik dan permata pada saat ini maka salah satu jenis batu akik yang juga terkenal berasal dari sungai atau kali Klawing tersebut, dan jenis batu akik yang berasal dari sungai atau kali Klawing sendiri juga diketahui tidak kalah hebat dengaan jenis batu akik yang berasal dari daerah lain bahkan hingga dari mancanegara sekalipun. Namun mungkin memang masih belum banyak orang yang mengetahui berbagai macam jenis batu akik yang berasal dari sungai atau kali Klawing terdebut, dan salah satu jenis batu sungai Klawing yang terkenal hingga saat ini adalah jenis batu Pancawarna Klawing.

Jenis Batu Sungai Klawing Yang Terkenal

Memiliki nama yang mirip dengan batu Pancawarna yang berasal dari Garut, namun diketahui bahwa kedua jenis batu akik tersebut memang berbeda, kalaupun memang memiliki warna hingga 5 macam warna yang berbeda, namun motifnya sendiri dipastikan berbeda. Karena jenis batu Pancawarna Klawing yang terkenal diketahui memiliki motif yang cenderung seperti gambar dan bahkan terlihat seperti lukisan mini yang diukir di atas permukaan batu, hal tersebutlah yang membuat jenis batu Pancawarna Klawing ini terkenal bahkan hingga ke mancanegara.
Dan tentunya batu Pancawarna Klawing yang memiliki warna dan juga motif unik memiliki kisaran harga yang relatif mahal atau tinggi, karena tentunya jenis batu akik tersebut akan sulit ditemukan di sungai atau kali Klawing dan akan terhitung sebagai batu akik yang langka. 

21. Lapis Lazuli
Khasiat Batu Permata Lapis Lazuli
Untuk anda yang ingin mengetahui khasiat batu permata Lapis Lazuli maka informasi tersebut sebenarnya tidak sulit anda temukan, karena di kesempatan kali ini kami pun akan mencoba memberikan ulasan megenai informasi batu permata tersebut. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui batu permata Lapis Lazuli ini yang disebut-sebut sebagai salah satu jenis batu permaya yang langka, ya, karena diketahui bahwa jenis batu permata ini ternyata sudah ada semenjak 6.000 tahun yang lalu dan berasal dari negara Afganistan tepatnya di Provinsi Badakhshan.
Batu permata Lapiz Lazuli sendiri merupakan salah satu batu permata langka yang memiliki cirikhas warna biru dengan berbagai motif, yang biasanya memiliki serat berwarna putih hingga emas dengan gradasi warna seperti cokelat, hitam, dan juga putih. Diketahui juga bahwa batu permata Lapiz Lazuli yang asli juga memiliki tingkat kekerasan yang terhitung redah yaitu hanya mencapai kisaran angka 5 pada skala mohs, sehingga tak heran jika jenis batu permata ini terkenal mudah tergores karena rapuh bahkan hanya karena terkena air sekalipun.

Beberapa Manfaat & Khasiat Batu Permata Lapis Lazuli

Kendati demikian, jenis batu permata ini pada saat ini memang sudah mulai terhitung langka, selain itu, diketahui juga bahwa tidak berbeda jauh dengan jenis batu permata lainnya yang juga diyakini memiliki beberapa khasiat atau manfaat yang dapat dirasakan penggunanya. Bagi anda yang merasa penasaran, maka dibawah ini adalah beberapa khasiat batu permata Lapis Lazuliyang dapat kita ketahui bersama.
Di sisi kesejahteraan, diketahui bahwa batu permata Lapiz Lazuli ini konon dapat menghasikan keberuntungan, kesukssesan dalam bisnis dan pendidikan, meningkatkan daya tarik, hingga dapat membangun dan meningkatkan rasa kesetiaan pada penggunanya.
Sedangkan jika dilihat dari sisi medis, konon katanya jenis batu permata Lapiz Lazuli ini juga dapat dijadikan sebagai obat perangsang yang diyakini oleh sebagian besar orang Roma, mampu menyembuhkan berbagai penyakit kepala seperti pusing, sinus, hinggga gangguan bicara, membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti cacar, hingga nyeri pada syaraf.
Dan jika dilihat dari sisi spiritualismenya sendiri, konon khasiat batu permata Lapis Lazuli ini mampu meningkatkan aura percaya diri penggunanya, dapat membantu menenangkan jiwa, meningkatkan kejujuran, integritas, hingga kebijaksanaan, serta dapat membantu lebih mengetahui dan memahami diri sendiri.

22. BATU THE SPIRIT OF DE GRISOGONO

Weight: 312.24
The Spirit of de Grisogono dengan berat 312,24 karat, dipotong dari bongkahan permata hitam terbesar di dunia. Dirangkai dalam emas putih, dibaluri 702 berlian putih sebesar 36,69 karat. berlian ini awalnya berat kasar 587 karat dan ditambang beberapa dekade yang lalu di barat Afrika Tengah sebelum diimpor ke Swiss.

23. BATU THE CULLINAN II


Weight: 317.40 carats
Cullinan II adalah berlian berbentuk bantal besar dengan berat 317,40 karat. Berlian ini diletakan di bagian depan-tengah Mahkota kerajaan Inggris Raya. Cullinan II dipotong dari berlian permata terbesar yang pernah ditemukan, beratnya 3.106 karat, atau sekitar 1 1 / 3 pound. Dia dinamakan setelah Sir Thomas Cullinan, yang membuka tambang untuk pertama kali. Kesembilan batu yang lebih besar dari berlian Sir Thomas Cullinan sampai saat ini tetap tersimpan di British Crown Jewels atau dalam kepemilikan pribadi keluarga kerajaan.


24. BATU THE INCOMPARABLE


Weight: 407.48 carats
The Incomparable (Para gembala), dalam keadaan kasar yang beratnya 890 karat, ditemukan di kota Mbuji Mayi di Republik Demokratik Kongo (dulu Zaire) pada tahun 1980. Empat tahun dihabiskan untuk mempelajari dan kemudian memotong batu, bagian terbesar dari kasar akhirnya menghasilkan permata dengan berat 407,48 karat; itu adalah permata ketiga terbesar yang pernah dipotong. Permata ini mempunyai ukuran 53,90 × 35,19 × 28,18 mm.

25. BATU THE CULLINAN I - AKA THE STAR OF AFRICA


Weight: 530.20 carats
The Cullinan I, berlian berbentuk buah pir dengan berat 530,20 karat ini juga dikenal sebagai Bintang Afrika. Mempunyai ukuran 53mm x 44mm x 29mm, dan memiliki 76 sisi. Ada yang menyampaikan bahwa Cullinan merupakan yang terbesar dari 9 potong batu berlian yang sebelumya berbentuk bongkahan sebserat 3.106 karat . Cullinan ditempatkan oleh Raja Edward di Royal Sovereign tongkat sebagai bagian dari Crown Jewels, Perkiraan nilai Cullinan I lebih dari $ 400 juta!

26. BATU THE GOLDEN JUBILEE


Weight: 545.67 carats
Golden Jubilee, dengan berat 545,67 karat, adalah berlian terbesar di dunia. Saat pertama kali ditemukan beratnya 755 karat dan ditemukan di tambang Premier, Afrika Selatan pada tahun 1985. Golden Jubilee telah persembahkan kepada Raja Thailand pada tahun 1997 untuk ulang tahun ke-50 penobatannya. Perkiraan nilai Golden Jubilee adalah $ 4 – $ 12 juta.

Batu ini dipercaya sebagai batu paling langka di dunia. Harga dari jenis batu ini mencapai USD 60.000 per karatnya

Batu tak berwarna ini berasal dari Namibia. Harga dari batu ini mencapai USD 2.000 per karatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar