Rabu, 19 Juni 2013

Software / Cara Untuk Mengembalikan Data yang Hilang dan Terhapus


Sering terjadi dimana kita secara tidak sadar menghapus data atau file penting di komputer, flashdisk, atau memory card kita. Jika kita menghapus file komputer seperti biasa mungkin masih bisa tetolong karena file yang masuk di recycle bin masih bisa kita restore kembali. Namun jika kita gunakan tombol Shift + Del, haduh... gimana yah?


Jika hal di atas terjadi, kita butuh software recovery data untuk mengembalikan semua data-data kita yang pernah terhapus atau hilang. Ada banyak software gratis yang tersedia di internet yang bisa kita gunakan. Kita tinggal memilih mana yang terbaik menurut kita. Saya sendiri memiliki beberapa software untuk mengembalikan data yang hilang dan yang paling sering saya gunakan adalah Recuva.Di bawah ini akan saya sajikan beberapa software untuk mengembalikan data yang hilang  yang bisa didownload secara gratis.


1. Recuva
cara mengembalikan data yang hilang terhapus
Recuva  merupakan freeware Windows utility untuk memulihkan file yang dengan sengaja atau tidak sengaja kita hapus dari komputer termasuk memulihkan data yang sudah tidak ada lagi di recycle bin dan file yang terhapus pada flashdisk atau memory card kita. Recuva juga bisa mengembalikan file yang telah dihapus oleh bug, crash dan virus. Penggunaannya sangat mudah dan dilengkapi dengan preview untuk melihat file yang akan kita pulihkan misalnya pada jenis file gambar. Recuva juga masih satu produk dengan software CCleaner yang dibuat oleh Piriform yang telah banyak dipakai oleh pengguna komputer. Software ini tersedia dalam dua versi, versi installer dan portable. Silahkan download Recuva langsung di website resminya.



Download Recuva: Disini  (3,26 MB)
Untuk yang versi portable: Disini  

2.Undelete Plus
software untuk mengembalikan data yang hilang terhapus
Sama halnya dengan Recuva, Undelete Plus juga didesain dengan tampilan yang mudah untuk digunakan. Beberapa fungsi ypada Undelete Plus meliputi;
- memulihkan dokumen, foto, video, musik dan email.
- cepat memulihkan file yang telah dikosongkan dari Recycle Bin.
- memulihkan file setelah kesalahan partisi hard drive.
- memulihkan file setelah diformat dengan sengaja bahkan bisa memulihkan file pada windows setelah install ulang
- memulihkan file dari Hard Drives, Drive Thumb USB, Media Kamera Kartu, Floppy Disk, dan media penyimpanan lainnya.



Download Undelete Plus: Disini  (2,02 MB)


3. Pandora Recovery
Untuk menggunakan Pandora Recovery yang perlu diperhatikan adalah saat kita merestore kembali file-file yang terhapus ataupun hilang agar menempatkannya pada disk yang berbeda dengan disk yang kita pulihkan. Misal kita akan mengembalikan beberapa file dari disk D, maka file yang kita pulihkan lebih baik disimpan pada disk E. Namun sangat disarankan untuk dipulihkan pada portable memory seperti flashdisk, memory card, hardisk portable, dsb. Menurut situs pengembangnya hal ini dimaksudkan agar tidak menyebabkan hilangnya sebagian dari file yang kita hapus.



Download Pandora Recovery: Disini   (3,2 MB)


4. Restoration
Resoration jua mudah untuk digunakan dan software ini tidak memerlukan instalasi alias portable. Ukurannya juga lumayan kecil hanya 1,01 MB.



Download Restoration: Disini  (1,01 MB)


Sebenarnya masih banyak lagi software-software yang berfungsi untuk mengembalikan data kita yang hilang, misalnya saja getdatabacktestdiskpc inspectorphotorec, dsb.Namun disini yang saya jelaskan hanya beberapa software saja yang mudah untuk digunakan. Jika ada yang memiliki referensi lain yang lebih baik, silahkan berbagi pengalaman pada komentar di bawah.


Yang perlu diketahui adalah tidak semua file bisa kita kembalikan dengan software-software di atas. Dan langkah yang paling tepat untuk menggunakan software untuk mengembalikan data adalah sesegera mungkin saat kita teringat ada file yang pernah kita hapus dari komputer kita, dalam artian file tersebut tidak terlalu lama terhapus.


Sahabat Belajar IT. Selalu ada cerita dibalik tuilsan. Ya, saya membuat Cara Mengembalikan Data Hilang ini karena semalam Si Om mengabarkan kalau data-data di Flashdisk Om hilang. Menurut keterangannya, hilangnya karena tidak sengaja ke delete teman. Saya yakin, Si Om lagi bingung cara mengembalikan data-datanya, yang katanya penting itu. Mengapa? Karena Si Om ini memang selalu bingung kalau menghadapi hal semacam ini. :)
Sekarang banyak tersedia software untuk mengembalikan data hilang. Namun, saya biasanya menggunakan software iCare Data RecoveryiCare Data Recovery adalah perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengembalikan file atau data yang hilang akibat terhapus atau terformat. Sebagai contoh, adalah data-data  yang hilang di Harddrive, Flashdisk, Memory Card, Flashdisk dan Drive lainnya.
Silakan Anda download software iCare Data Recovery, http://www.icare-recovery.com/download.html. Kemudian, Install software tersebut. Inilah tampilan awal ketika aplikasi dijalankan.
Software Untuk Mengembalikan Data Hilang
Software Untuk Mengembalikan Data Hilang
Maaf, Cara Mengembalikan Data Hilang ini saya masih menggunakan iCare Data Recovery versi yang lama. Tadi saya cek, ternyata sudah samapai versi 5. :) Tapi tidak masalah koq, yang terpenting kan fungsinya. Terdapat empat menu di software ini, Lost Partition RecoveryAdvanced Files Recovery,Deep Scan Recovery dan Format Recovery. Anda bisa memilih salah satu dari menu di atas. Sebenarnya semua menu sama fungsinya, namun untuk Advanced Files dan Deep Scan akan mencari kembali data secara detail dan membutuhkan proses lebih lama.
Dalam contoh kali ini, saya memilih Lost Partition Recovery. Setelah memilih menu Lost Pratition, Anda bisa memilih Drive mana yang akan direcover.  Contohnya Flashdisk, maka Anda pilih drive tersebut, kemudian klik Recover. Silakan lihat gambar di bawah.
Pilih Device
Pilih device yang akan di recover
Setelah recover, maka progam akan otomatis melakukan scanning. Proses scanning ini lumayan lama, tergantung berapa file yang terdetect. Total file bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Bisa dilihat pada proses scanning data, total ada 15150 file yang terdetect. Jangan cancel sebelum proses scanning selesai. Setelah proses scanning selesai, Anda bisa melakukan checklist pada hasil partisi, kemudian pilih Save File.
Cara Mengembalikan Data Hilang (Recovery Data)
Data ditemukan
Nah, data-data yang hilang akibat terhapus atau terformat sudah kembali lagi. Silakan Anda pilih data yang kira-kira dibutuhkan, karena pengembalian data ini tidak hanya data yang baru saja terhapus, namun data yang sudah lama terhapus bisa juga ditemukan kembali. Anda bisa menggunakan fasilitas Find File. Setelah selesai memilih, Anda klik Save Files.
Proses Recovering
Proses Recovering
Terakhir adalah proses recover. Proses ini lebih lama dari proses scanning. Nanti, setelah proses recovering selesai, Anda disuruh menyimpan File yang sudah ditemukan. Untuk jaga-jaga, Anda bisa menyimpannya di Drive yang masih memiliki space banyak, siapa tahu data yang ditemukan filenya besar. :)
Si Om, silakan  baca Cara Mengembalikan Data Hilang. Semoga data-datanya bisa terselamatkan, meski terkadang file tidak sepenuhnya utuh (corupt). Dengan penuh kesabaran, insya Alloh data akan kembali.


CLICK HERE TO DOWNLOAD: