Jumat, 02 Agustus 2013

Cara Service Printer HP Deskjet Narik Kertas Terus

Kang Eko nanya..! printer HP saya kalo di hidupkan langsung narik kertas, biasanya ditarik setengah. kira-kira solusinya apa? kalopun ada yg patah, bisa ga' di akalin kayak printer canon. Begitulah kira2x pertanyaan dari Mas Andre ....

Kerusakan Printer HP Deskjet Narik Kertas Terus ini sangat sering terjadi. Hal ini dikarenakan komponen plastik yang tidak kuat menahan beban sehingga akhirnya patah.

Kerusakan :
Printer HP Deskjet Narik Kertas Terus, jadi tiap kali kertas dimasukkan dan printer dinyalakan, maka kertas akan langsung tertarik masuk seperti mau ngeprint.

Penyebab :
Printer HP Deskjet Narik Kertas Terus ini disebabkan oleh sensor mekanik penggerak penarik kertas ada yg patah, atau kalo nggak sensor ini yang patah adalah dibagian belakang head carriage yang berhubungan dengan sensor ini (bersenggolan). Cari Aja dibelakang head carriage pasti ketemu. Sensor mekanik ini letaknya dekat dengan tempat cleaning head, dan bentuknya seperti piring tapi hanya seperempatnya










Cara Service :
Printer HP Deskjet Narik Kertas Terus ini cara servicenya demikian :
1. Bongkar printer HP nya
2. Lihat dan cek bagian mana yang patah, bagian sensor ataukah yang dibelakang head carriage.
3. Kalau sudah ketemu, ganti dengan yang baru atau yang bekas yang masih bagus bekas printer yang lain. Biasanya kalau saya gantinya satu set semua termasuk rollnya....
4. Selesai.

Kali ini dapat servisan printer dari merk HP, F2410. Ketika dicoba printer sempat hidup sebentar kemudian mati.  Printer pun dibongkar, oh ya untuk semua jenis printer bermerek HP sekrup yang digunakan berbentuk bintang.  Lagi-lagi ulah nakal tikus rumah, kabel motor, kabel flexi panel, kabel flexi ASF dan kabelsensor kertas semua putus dilalap tikus.


 HP F2410

.

 Bagian Panel dan sensor ASF yang putus kabelnya
Untuk kerusakan seperti ini kita hanya perlu kreatif saja. Untuk kabel biasa yang putus cukup disambung dengan meyoldernya. Namun untuk bagain kabel flexible yang putus membutuhkan ketelitian untuk memasangnya. Kabel flexi sejenis dapat kita peroleh di toko elektronik, biasanya dipakai kabel flexi untuk optic VCD. Namun kali ini saya menggunakan kabel flexi Carried Unit yang diambil dari printer  HP D3900 yang mati Logic Board-nya, lumayan sedikit ngirit biaya dan waktu. Kabel Flexi Carried Unit memang agak lebar kita hanya perlu memotongnya sesuai dengan jumlah jalur yang dibutuhkan. Setelah dipotong kabel dikupas dan di solder ke Board Panel.

Setelah selesai kemudian printer dirakit kembali setelah sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu. Akhirnya printer dapat digunakan kembali.

Semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar